Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya keaktifan peserta didik
kelas IV dalam pembelajaran PPKn karena media pembelajaran yang
digunakan kurang menarik sehingga mengakibatkan kurangnya respon
keaktifan siswa kelas IV saat pembelajaran sedang berlangsung. Tujuan dalam
penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengembangan media buku saku
digital dalam upaya meningkatkan keaktifan belajar siswa dan untuk
mengetahui peningkatan kepraktisan penggunaan media pembelajaran buku
saku digital terhadap respon siswa serta guru setelah menggunakan media
pembelajaran buku saku siswa kelas IV SD.Negeri 106866 Cemara. Dengan
berkembangnya smartphone seharusnya dapat dimanfaatkan dengan baik
khususnya dalam media pembelajaran yang mampu meningkatkan mutu
pendidikan di Indonesia. Hasil kepraktisan media pembelajaran buku saku
digital untuk respon guru diperoleh total skor sebesar 46 dengan presentase
83% dengan kriteria sangat praktis. Sedangkan untuk respon siswa diperoleh
total skor sebesar 332 dengan presentase 88% dengan keterangan kriteria
sangatpraktis. Maka dari hasil kepraktisan untuk respon guru dan siswa diatas
maka dikatakan dengan kriteria penilaian sangat praktis sebagai media
pembelajaran buku saku digital dikelas IV SD.Negeri 106866 Cemara