Research Repository

PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PRODUCTION BASED TRAINING (PBT) TERHADAP HASIL BELJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTs CENDEKIA

Show simple item record

dc.contributor.author MAWADDAH, IKRA
dc.date.accessioned 2023-11-29T07:42:54Z
dc.date.available 2023-11-29T07:42:54Z
dc.date.issued 2023-11-29
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23420
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran production based training (PBT) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MTS Cendikia. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen, dengan Desain penelitian yang digunakan adalah quasi experimen atau desain ekperimen semu. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa/i MTS Cendikia. Hasil penelitian ini menunjukkan Hasil belajar siswa sebelum menggunakan model pembelajaran Production Based Training pada mata pelajaran Fiqih di MTS Cendikia untuk kelas eksperimen yang mendapatkan perlakuan khusus berupa model pembelajaranProduction Based Training, menunjukkan nilai pretest siswa yang memiliki rata-rata sebesar 81,09, nilai maksimum 100 dan nilai minimum 20. Hal ini berarti menunjukkan bahwa ada perbedaan rata-rata hasil belajara sebelum menggunakan model pembelajaran Production Based Training terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fikih kelas IX A MTS Cendikia. Hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran Production Based Training pada mata pelajaran fiqih di MTS Cendikia untuk kelas eksperimen yang mendapatkan perlakuan khusus berupa model pembelajaranProduction Based Training, menunjukkan nilai posttest siswa yang memiliki rata-rata sebesar 91,09 nilai maksimum 100 dan nilai minimum 70. Hal ini berarti menunjukkan bahwa ada perbedaan rata-rata hasil belajara setelah menggunakan model pembelajaran Production Based Training terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fikih kelas IX A MTS Cendikia. Pengaruh signifikan model pembelajaran Production based Training terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fikih di MTS Cendikia dengan nilai Signifikansi sebesar 0,000 < 0.05 dan nilai nilai t-hitung sebesar 8,432 > t-tabel sebesar 1,697. Hal ini berarti menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan model pembelajaran Production Based Training terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fikih kelas IX A MTS Cendikia en_US
dc.publisher umsu en_US
dc.subject Model Pembelajaran en_US
dc.subject Production Based Training en_US
dc.title PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PRODUCTION BASED TRAINING (PBT) TERHADAP HASIL BELJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTs CENDEKIA en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account