Abstract:
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan model
pembelajaran production based training (PBT) terhadap hasil belajar siswa pada
mata pelajaran fiqih di MTS Cendikia. Penelitian ini menggunakan metode
kuantitatif eksperimen, dengan Desain penelitian yang digunakan adalah quasi
experimen atau desain ekperimen semu. Subjek dalam penelitian ini adalah
siswa/i MTS Cendikia. Hasil penelitian ini menunjukkan Hasil belajar siswa
sebelum menggunakan model pembelajaran Production Based Training pada
mata pelajaran Fiqih di MTS Cendikia untuk kelas eksperimen yang
mendapatkan perlakuan khusus berupa model pembelajaranProduction Based
Training, menunjukkan nilai pretest siswa yang memiliki rata-rata sebesar
81,09, nilai maksimum 100 dan nilai minimum 20. Hal ini berarti
menunjukkan bahwa ada perbedaan rata-rata hasil belajara sebelum
menggunakan model pembelajaran Production Based Training terhadap hasil
belajar siswa pada mata pelajaran fikih kelas IX A MTS Cendikia. Hasil belajar
siswa setelah menggunakan model pembelajaran Production Based Training pada
mata pelajaran fiqih di MTS Cendikia untuk kelas eksperimen yang
mendapatkan perlakuan khusus berupa model pembelajaranProduction Based
Training, menunjukkan nilai posttest siswa yang memiliki rata-rata sebesar
91,09 nilai maksimum 100 dan nilai minimum 70. Hal ini berarti
menunjukkan bahwa ada perbedaan rata-rata hasil belajara setelah
menggunakan model pembelajaran Production Based Training terhadap hasil
belajar siswa pada mata pelajaran fikih kelas IX A MTS Cendikia. Pengaruh
signifikan model pembelajaran Production based Training terhadap hasil belajar
siswa pada mata pelajaran fikih di MTS Cendikia dengan nilai Signifikansi
sebesar 0,000 < 0.05 dan nilai nilai t-hitung sebesar 8,432 > t-tabel sebesar 1,697.
Hal ini berarti menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari
penggunaan model pembelajaran Production Based Training terhadap hasil
belajar siswa pada mata pelajaran fikih kelas IX A MTS Cendikia