Abstract:
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan layanan
bimbingan kelompok untuk mengatasi perilaku tidak jujur siswa kelas VII di SMP
Muhammadiyah 01 Medan T.A 2021/2022. Tujuan dari penelitian ini adalah
untuk mengetahui layanan bimbingan kelompok untuk mengatasi perilaku tidak
jujur siswa kelas VII di SMP Muhammadiyah 01 Medan T.A 2021/2022. Metode
yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kulitatif deskriptif.
Objek penelitian ini sebanyak 8 orang siswa yang memiliki ciri-ciri prilaku jujur
yang rendah. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini
adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dengan
dilakukannya Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok untuk mengatasi perilaku
tidak jujur siswa kelas VII di SMP Muhammadiyah 01 Medan T.A 2021/2022.
Ternyata telah berhasil mengatasi perilaku tidak jujur siswa hal ini dilihat ketika
siswa sedang berada di dalam kegiatan bimbingan kelompok yang di lakukan