Abstract:
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh
model pembelajaran Problem Bassed Learning terhadap hasil belajar ekonomi
siswa. Permasalahan di dalam penelitian ini merupakan rendahnya hasil belajar
ekonomi siswa kelas XI-1 yang terdiri dari satu kelas dan jumlah 30 orang siswa
yang mengikuti kegiatan pembelajaran dengan model pembelajaran problem
bassed learning.
Pengumpulan data yang digunakan untuk mengetahui hasil yang
diinginkan yaitu menggunakan angket dan tes. Dimana sebelumnya telah diuji
untuk validitas, reabilitas, dan uji hipotesis, sehingga dari hasil penelitian
diperoleh nilai rata-rata siswa mencapai tujuan pembelajaran yang di harapkan
dengan menggunakan model pembelajaran problem bassed learning. Hipotesis
penelitian ini diuji dengan menggunakan program spss dengan taraf signifikan
α=0,05, sehingga diperoleh nilai t hitung sebesar 6,669 dengan t tabel sebesar
1,701. Maka hasil hipotesis Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran problem bassed learning
terhadap hasil belajar siswa pada materi perhitungan pendapatan nasional pada
kelas XI SMA Dharma Utama, Serdang Bedagai.