Abstract:
Skripsi ini merupakan suatu pembahasan yang bertujuan untuk mengetahui
1.Bagaimana penerapan metode ceramah plus dalam pembelajaran pendidikan agama
Islam di SMP Tunas Mandiri Kabupaten langkat. 2.Apa saja faktor yang menghambat
proses penerapan metode ceramah plus pada pembelajaran pendidikan agama Islam di
SMP Tunas Mandiri Kabupaten Langkat. Sumber data dalam penelitian adalah kepala
sekolah, guru dan siswa. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu pedoman
observasi, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data,
penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian dapat dirangkum sebagai berikut :
1) penerapan metode tanya jawab yaitu guru menggunakan rancangan pembelajaran
dalam bentuk metode tanya jawab yang di lakukan pada saat pengevaluasian untuk
mengetahui siswa tersebut apakah mereka sudah bisa menjawab dan memahami
pelajaran yang telah di berikan. Hasil belajar pendidikan agama Islam yaitu : Dengan
adanya metode tanya jawab, maka guru dapat mengetahui hasil belajar siswa tersebut
itu sendiri yakni dengan menyiapkan pertanyaan - pertanyaan dasar untuk siswa, agar
siswa tersebut percaya diri dan berani menjawab setiap materi yang diajukan.dan hasil
belajar pendidikan agama islam di SMP Tunas Mandiri yang awalnya hanya sedikit
siswa yang aktif agar kedepannya akan meningkat lagi karena pola penerapan guru
dan kepala sekolah yang di terapkan saat proses pembelajaran berlangsung. 2) Faktor
penghambat bagi guru dalam menerapkan metode tanya jawab di SMP Tunas Mandiri
yaitu : proses pembelajaran yaitu kurangnya pemahaman siswa ditambah lagi
sempitnya waktu selama proses pembelajaran.