Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh brand
image, word of mouth, influencer, endrosment terhadap loyalitas pelanggan melalui
kepuasan pelanggan secara langsung maupun secara tidak langsung. Pendekatan
yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kausal. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh mahasiswa di Kota Medan. Sampel dalam penelitian
ini menggunakan rumus rumus lemeshow sehingga di peroleh 494 orang
mahasiswa di Kota Medan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini
menggunakan teknik angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini
menggunakan pendekatan kuantitatif menggunakan analisis statistik dengan
menggunkana uji Analisis Auter Model, Analisis Inner Model, dan Uji Hipotesis.
Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan program software PLS (Partial
Least Square). Hasil penelitian ini membuktikan bahwa secara langsung brand
image dan kepuasan pelanggan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas
pelanggan, word of mouth, influencer dan endrosment tidak berpengaruh terhadap
loyalitas pelanggan, brand image, word of mouth, influencer dan endrosment
berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Sedangkan secara tidak
langsung brand image word of mouth, influencer dan endrosment berpengaruh
signifikan terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelangggan di
Tiktokshop pada mahasiswa di Kota Medan