Research Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS III SD NEGERI 107402 SAENTIS KECAMATAN PERCUT SEI TUAN

Show simple item record

dc.contributor.author RAMADITA, SELA
dc.date.accessioned 2023-11-29T03:14:49Z
dc.date.available 2023-11-29T03:14:49Z
dc.date.issued 2023-11-29
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23387
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa Kelas III SD Negeri 107402 Saentis Kecamatan Percut Sei Tuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran Talking Stick serta untuk mengetahui adanya pengaruh signifikan penggunaan model pembelajaran Talking Stick terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas III SD Negeri 107402 Saentis Kecamatan Percut Sei Tuan. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah penelitian Pre Test dan Post Test. Sebelum diterapkan model pembelajaran maka dapat dilihat bahwa untuk kelas Kontrol Pre Tes, nilai yang tuntas sebanyak 5 orang, nilai yang tidak tuntas sebanyak 16 orang. Untuk kelas Kontrol Post Test nilai yang tuntas sebanyak 8 orang, nilai yang tidak tuntas sebanyak 13 orang. Sesudah di terapkan model pembelajaran dapat dilihat bahwa untuk kelas Eksperimen Pre Test, nilai yang tuntas sebanyak 11 orang, nilai yang tidak tuntas sebanyak 10 orang. Untuk kelas Eksperimen Post Test, nilai yang tuntas sebanyak 19 orang, nilai yang tidak tuntas sebanyak 2 orang. Berdasarkan hasil pengujian dengan menggunakan SPSS terdapat pengaruh antara model pembelajaran Talking Stick terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di peroleh thitung (4,200) > ttabel (1,684), dengan taraf signifikan 0,000 < 0,05. Nilai 4,200 lebih besar dari 1,684 menunjukkan thitung lebih besar dari ttabel. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa Ha diterima (Ho ditolak). Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Talking Stick terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. en_US
dc.publisher umsu en_US
dc.subject Model Pembelajaran Talking Stick en_US
dc.subject Kemampuan Berpikir Kritis en_US
dc.title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS III SD NEGERI 107402 SAENTIS KECAMATAN PERCUT SEI TUAN en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account