Abstract:
Masalah dalam penelitian ini adalah keterbatasan media yang menyebabkan siswa
terlihat malas dan jenuh dalam proses menghafal Al Qur’an, sehingga berpengaruh
pada kualitas hafalan serta minat siswa dalam menghafal Al Qur’an dan kurangnya
motivasi dalam menghafal Al Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
bagaimana pengaruh media puzzle terhadap kualitas hafalan siswa di MTs Nurul
Husna Marjanji Aceh.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen, adapun populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa/i MTs Nurul Husna Marjanji Aceh yang terdiri
dari kelas VII, VIII, dan kelas IX, dengan jumlah total 72 siswa. Pengambilan
sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Sampel penelitian sejumlah 54
siswa. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini berupa pilihan ganda dalam
proses hafalan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dengan uji
normalitas yang menggunakan uji Kolmogrov-Smirnov, uji homogenitas.
Kemudian uji hipotesis menggunakan T-test yang diperoleh nilai posttest thitung
sebesar 3,160 ttbel 2,000 dengan signifikansi 0,003 < 0,005. Maka dapat disimpulkan
bahwa terdapat pengaruh penggunaan media puzzle terhadap kualitas hafalan Al
Qur’an siswa di MTs Nurul Husna Marjanji Aceh.