Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui desain pengembangan media
pembelajaran IPA berupa RUBERGI (Rumah Sumber Energi), Kevalidan media
pembelajaran dan Kepraktisan sebagai alat yang dapat menyalurkan informasi,
pengetahuan dan dapat menarik perhatian peserta didik agar lebih termotivasi
dalam belajar serta meningkatkan konsentrasi belajar peserta didik di kelas iv SD
Negeri Paya Bedi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa pengembangan dengan
model ADDIE dapat meningkatkan kemampuan belajar peserta didik dalam
pembelajaran IPA berupa RUBERGI (Rumah Sumber Energi). Desain media
RUBERGI (Rumah Sumber Energi) dibuat berupa miniatur rumah yang
digunakan untuk menyampaikan materi IPA energi dan perubahnnya berupa
energi alternatif dan energi buatan. Hasil kevalidan media pembelajaran IPA
berupa RUBERGI (Rumah Sumber Energi) dapat dinilai sangat baik secara
keseluruhan. Pada penilaian ahli materi seluruh butir pada aspek penyajian dinilai
“sangat baik” oleh ahli materi sesuai dengan prolehan skor 24 dengan rata-rata
adalah 4,8. Pada penilaian ahli media dengan perolehan skor 28 dengan rata-rata
4,7 dengan aspek penyajian dinilai “sangat baik” dan pada penilaian ahli bahasa
dinilai“sangat baik” oleh ahli bahasa dengan perolehan skor 29 dengan rata-rata
4,8 maka persetujuan dari dosen ahli bahasa bahwa produk ini “layak diuji
cobakan di lapangan tanpa revisi”. Hasil respon peserta didik menujukkan
pengembangan media pembelajaran IPA berupa RUBERGI (Rumah Sumber
Energi) dapat digunakan secara efektif dengan kategori 75% - 100%.