Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan berbicara siswa kelas
V SDN 104280 Desa Pulau Gambar yang disebabkan oleh beberapa hal, salah
satunya yaitu kurang tepatnya guru dalam memilih metode pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikansi dari
penggunaan metode pembelajaran show and tell di kelas V SDN 104280 Desa
Pulau Gambar dan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode pembelajaran
show and tell terhadap keterampilan berbicara siswa kelas V SDN 104280 Desa
Pulau Gambar. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pengolahan data
kuantitatif serta menggunakan teknik total sampling dimana seluruh populasi dapat
dijadikan sampel yang berjumlah 37 Siswa. Variabel bebas adalah Metode
Pembelajaran Show and Tell, sedangkan variabel terikat yaitu keterampilan
berbicara siswa. Proses pengambilan data menggunakan data kelas kontrol dan data
kelas eksperimen yang dianalisis menggunakan software SPSS versi 26. Hasil
penelitian dari uji t (Independent Sample T-test) menunjukkan bahwa terdapat
pengaruh metode pembelajaran show and tell terhadap keterampilan berbicara
dengan nilai sig. 2-tailed sebesar 0,002. Berarti 0,002 < 0,05, maka Ha diterima dan
H0 ditolak. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode pembelajaran
show and Tell terhadap keterampilan berbicara siswa di kelas V SDN 104280 Desa
Pulau Gambar.