Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses Literasi Numerasi
siswa di kelas II SD Negeri. Adapun masalah yang ditemukan dalam penelitian ini
adalah rendahnya kemampuan Literasi Numerasi siswa, ketika dihadapkan dengan
soal ceritamasih banyak siswa yang tidak mengerti dan kebingungan jawaban soal
cerita disbanding dengan soal secara langsung. Teknik membaca Scanning belum
pernah digunakan di SD Negeri 104193 serta kurangnya pelatihan/penataran
terhadap guru-guru yang belum berpengalaman. Adapun lokasi penelirtian
dilaksanakan di SD Negeri 104193 Hamparan Perak, Jalan Pasar V Timur,
Kecamatan hamparan Perak, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.
Berdasarkan Hasil Penelitian yang diperoleh kesimpulan bahwa Teknik Membaca
Scanning memberi hasil, dibuktikan dari hasil siswa sebelum menggunakan
Tekning Membaca Scanning dengan nilai rata-rata 38,50 sedangkan nilai terendah
yang diperoleh 20 dan nilai tertinggi yang diperoleh 60 dan setelah menggunakan
Teknik Membaca Scanning nilai rata-rata 81,50 sedangkan nilai tertinggi yang
diperoleh 90 dan nilai terendah yang diperoleh 70. Berdasarkan perhitungan uji t
diperoleh thitung = 3.095 pada taraf nyata α = 0,06 dengan taraf signifikan 94% dan
ttabel = 1,734 berarti thitung ˃ ttabel (3.095 ˃1,734) sehingga dapatdisimpulkan Ha
diterim, yaitu terdapat pengaruhTeknik Membaca Scanning terhadap Literasi
Numerasi siswa di kelas 2 SD Negeri 104193 Hamparan Perak.