Abstract:
Kepercayaan diri adalah suatu keyakinana seseorang terhadap segala aspek
kelebihan yang dimilikinya dan keyakinan tersebut membuatnya merasa mampu
untuk bisa mencapai berbagai tujuan di didalam hidupnya. Penelitian ini
dilakukan untuk melihat kepercayaan diri siswa dalam pergaulan melalui layanan
bimbingan kelompok. Penelitian ini dilaksanakan pada awal bulan Januari 2018.
Tempat penelitian ini adalah SMP PAB 8 Sampali yang beralamat di Jalan Pasar
Hitam Sampali. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan subjek
peneliti bekerjasama dengan guru BK dan objek penelitian ini adalah siswa kelas
VII SMP PAB 8 Sampali. Kelas yang dipilih menunjukkan adanya beberapa siswa
yang kurang percaya diri dalam pergaulan, yang di tetapkan berdasarkan data dari
guru bimbingan dan konseling juga pengamatan langsung penulis. Kemudian
melalui instrumen wawancara dengan guru bimbingan dan konseling, wali kelas
dan siswa di sekolah PAB 8 Sampali. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan kepercayaan diri dalam
pergaulan. Maka peneliti menyarankan guru bimbingan konseling dapat
menggunakan layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan kepercayaan
diri siswa dalam pergaulan sebagai alternatif yang tepat menangani masalah siswa
khususnya bagi siswa yang kepercayaan dirinya kurang dalam pergaulan pada
siswa kelas VII SMP PAB 8 Sampali Tahun Pembelajaran 2017/2018. Dengan
dilakukannya penelitian tentang Meningkatkan Kepercayaan Diri Dalam
Pergaulan Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Pada Kelas VII SMP PAB 8
Sampali Tahun Pembelajaran 2017//2018 hasilnya adalah kepercayaan diri siswa
dalam pergaulan telah meningkat.