Abstract:
Penelitian ini dilakukakn karena adanya permasalahan belajar siswa dalam
kegiatan belajar mengajar, serta kurangnya penggunaan model pembelajaran oleh
guru sehingga berdampak kepada rendahnya berpikir kritis siswa. Rumusan
masalah dalam penelitian ini adalah.apakah terdapat pengaruh model
pembelajaran problem based learning terhadap berpikir kritis siswa di kelas IV
SDN 26 Aek Batu Penelitian ini dilakukan dengan bertujuan untuk mengetahui
pengaruh terhadap berpikir kritis siswa terhadap kelas IV SDN 26 Aek Batu.Jenis
penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian menggunakan satu kelas
yaitu kelas IV yang berjumlah 30 orang siswa. Instrumen penelitian ini
menggunnakan tes berpikir kritis yang berjumlah 11 soal berbentuk isian yang
sudah diuji validitas dan reliabilitas hipotesis dan uji T. Berdasarkan hasil yang
dilakukan di kelas sebelum menggunakan (model pembelajaran problem based
learning) diperoleh hasil 69, sedangkan sesudah mengunakan (model
pembelajaran problem based learning) diperoleh hasil 80. Pembelajaran
menggunakan model pembelajaran problem based learning memberikan dampak
yang signifikan bagi siswa dalam keterampilan berpikir kritis. Dilihat dari nilai
signifikansi sebesar 0,000, yang mana 0,000 < 0,05. Jadi dapat disimpulkan
bahwa adanya pengaruh penggunaan model pembelajaran problem based learning
terhafap keterhadap berpikir kritis siswa di kelas IV SDN 26 Aek Batu