Abstract:
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh
secara simultan strategi pemasaran, pengetahuan produk, dan literasi halal
terhadap keputusan konsumen membeli produk halal di Desa Sitio Tio Hilir.
Pendekatan penelitian pada skripsi ini adalah pendekatan kuantitatif dan data yang
digunakan berupa jenis data primer. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini
adalah masyarakat yaitu berjumlah 1012 orang, dan teknik pengambilan sampel
dengan menggunakan rumus Slovin dengan jumlah sampel yang diperoleh
sebanyak 91 orang masyarakat Desa Sitio-Tio Hilir. Teknik analisis data dengan
uji deskriptif, uji kualitas data, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda,
dan uji hipotesis. Proses pengolahan data menggunakan program SPSS versi 22.0.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa determinasi koefisien R2
menunjukkan angka 86,5 % yang berarti besarnya pengaruh variasi variabel bebas
strategi pemasaran, pengetahuan produk dan literasi halal terhadap keputusan
konsumen membeli produk halal sedangkan sisanya sebesar 13.5% dipengaruhi
oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Selain itu model regresi
pada variabel bebas pengetahuan produk dan literasi halal secara simultan
berpengaruh terhadap variabel terikat keputusan konsumen membeli produk halal
di Desa Sitio Tio Hilir. Strategi pemasaran dan literasi halal berpengaruh terhadap
keputusan konsumen membeli produk halal, akan tetapi pengetahuan produk tidak
berpengaruh dan tidak signifikan terhadap keputusan konsumen membeli produk
halal di Desa Sitio Tio Hilir.