Abstract:
Permasalahan dalam penelitian ini adalah pengaruh teman sebaya terhadap
kecerdasan interpesonal siswa. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk
mengetahui Apakah ada pengaruh antara teman sebaya terhadap kecerdasan
interpersonal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, karena peneliti
ingin mengukur hubungan pengaruh teman sebaya terhadap kecerdasan
interpersonal siswa kelas XI di SMA AL-Hidayah Medan. Instrumen dalam
penelitian ini adalah Obsevasi dan Angket. Hasil penelitian menunjukan harga
nilai rxy = 0,396 dengan intersprestasi sedang, maka kedua variabel (X) teman
sebaya dan variabel (Y) kecerdasan interpersonal mempunyai hubungan yang
signifikat. Adapun besar hubungan teman sebaya dengan kecerdasan interpersonal
sebesar 0,396 dan interprestasi yang dikatagorikan sedang serta koefesien
determinasi sebesar 19%. Hasil hipotesis diperoleh thitung = 2,577 dan ttabel = 2,059
Dari hamaka diperoleh thitung >ttabel yaitu 2,577>2,059 kesimpulan hipotesis ini
adalah terdapatnya pengaruh yang 19% signifikat antara teman sebaya dengan
kecerdasan interpersonal siswa kelas XI di SMA AL-Hidayah Medan. Dan berarti
sedang dan selebihnya merupakan pengaruh dari variabel lain yang tidak diteliti
dalam penelitian ini.