Abstract:
Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) yang
menghasilkan suatu produk berupa bahan ajar lokal berbasis budaya Melayu Deli
pada pembelajaran IPS kelas IV siswa SD Muhammadiyah 09 Medan. Penelitian
ini dilatar belakangi guru masih menggunakan bahan ajar yang bermodalkan buku
siswa atau buku mata pelajaran, kurangnya pemahaman siswa tehadap
kebudayaan Melayu Deli, keterbatasan kurangnya inovasi pengembangan bahan
ajar di sekolah dan minimnya bahan ajar lokal berbasis budaya pada sekolah
dasar. Dalam pembelajaran IPS guru tidak ada mengaitkan pembelajaran
kebudayaan Melayu Deli, maka dikembangakan bahan ajar lokal berbasis Budaya
Melayu Deli sebagai pendamping buku guru dan buku siswa Pengembangan
bahan ajar lokal berbasis budaya Melayu Deli ini bertujuan untuk menambah
kearagaman bahan ajar di dalam pembelajaran dan agar menambah pengetahuan
siswa terhadap kebudayaan Melayu Deli. Pada penelitian ini, peneliti memilih
menggunakan model ADDIE. Model ini merupakan singkatan dari Analisis,
Design, Development, Implementation dan Evaluation. Subjek yang digunakan
dalam penelitian ini melibatkan satu kelas yang berjumlah 23 orang siswa kelas
IV SD Muhammadiyah 09 Medan, Sidorame Timur, Kec. Medan Perjuangan,
Kota Medan, Sumatera Utara. Instrumen penelitian menggunakan lembar angket
yang terdiri dari angket validasi untuk 3 ahli dan angket kepraktisan untuk peserta
didik. Hasil penelitian menunjukkan pengembangan bahan ajar valid untuk
digunakan dalam proses pembelajaran dengan memperoleh nilai rata-rata 90% .
Kategori sangat valid berdasarkan validator materi, nilai 85%, kategori sangat
valid berdasarkan validator desain bahan ajar dan nilai 99%, kategori sangat valid
berdasarkan validator bahasa, nilai 97%. Hasil penelitian juga menunjukkan bahan
ajar layak digunakan berdasarkan niai yang diperoleh dari hasil uji kepraktisan
dan respoin pendidik dengan nilai rata-rata 90% kategori sangat valid