Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis perngaruh
word of mouth dan citra merek terhadap keputusan pembelian produk wardah dan
dampaknya terhadap loyalitas pelanggan. Metode pengumpulan data pada
penelitian ini menggunakan kuesioner. Penelitian ini menggunakan sampel
sebanyak 100 orang mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas
Muhammadiyah Sumatera Utara. Pengambilan sampel pada penelitian ini
menggunakan teknik Random Sampling peneliti memilih sampel berdasarkan
penilaian subyektif peneliti daripada pemilihan acak. Teknik analisis data pada
penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan Path
Analysis (Analisis jalur) dengan bantuan Smart PLS (Partial Least Square) versi 3
dengan metode dalam PLS yang terdiri dari uji Analisis Auter Model, Analisis
Inner Model, dan Uji Hipotesis. Hasil Penelitian ini membuktikan bahwa Word of
Mouth berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian, Word of Mouth berpengaruh
sigifikan terhadap Loyalitas Pelanggan, Citra Merek berpengaruh signifikan
terhadap Keputusan Pembelian, Citra Merek berpengaruh signifikan terhadap
Loyalitas Pelanggan, Loyalitas Pelanggan berpengaruh signifikan terhadap
Keputusan Pembelian, Word of Mouth berpengaruh signifikan terhadap
Keputusan Pembelian melalui Loyalitas Pelanggan, Citra Merek berpengaruh
signifikan terhadap Keputusan Pembelian melalui Loyalitas Pelanggan pada
produk Wardah.