Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana model komunikasi guru
dalam meningkatkan motivasi belajar siswa SDN 050746 Pendidikan selalu sangat
penting untuk membangun kualitas generasi bangsa, oleh karenanya pendidikan
tersebut secara dini sudah harus dimulai dari tingkat sekolah dasar hingga ke tingkat
yang lebih tinggi. Salah satu yang mempengaruhi keberhasilan pendidikan adalah
motivasi belajar siswa yang bermuara pada peningkatan mutu pendidikan itu
sendiri. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Narasumber
penelitian ini yaitu guru dari SDN 050746 dan tepatnya wali kelas 6-A dan wali
kelas 6-C. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara kemudian
dianalisis dengan teknik analisis kualitatif yang terdiri dari reduksi data, penyajian
data dan penarikan kesimpulan. Model komunikasi yang digunakan ada tiga macam
yaitu pola komunikasi satu arah, dua arah dan multi arah. Dari ketiga model
tersebut, model dua arah yang banyak digunakan dari pada model lain dikarenakan
lebih efejktif dan motivasi belajar dapat dipengaruhi oleh penerapan pola
komunikasi dua arah dalam pembelajaran yang lebih efektif