Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Untuk mengetahui sejauh mana
pengetahuan peserta didik terkait Nilai-Nilai Profil Pelajar Pancasila Melalui
Pembelajaran Wawasan Nusantara Pada Siswa Kelas IV SD AL-IHSAN MEDAN
dan Untuk mengetahui Praktik Implementasi Nilai-Nilai Profil Pelajar Pancasila
Melalui Pembelajaran Wawasan Nusantara Pada Siswa Kelas IV SD Al-Ihsan
Medan. Data peserta didik pada penelitian ini berjumlah 24 peserta didik.
Pengujian data yang dilakukan menggunakan observasi dan dokumentasi. Dari
hasil penelitian diketahui bahwa pengetahuan peserta didik terhadap pilar-pilar
Profil Pelajar Pancasila masih tergolong rendah dan sikap yang ditunjukkan dari
peserta didik masih belum mencerminkan dari Nilai- Nilai Profil Pelajar
Pancasila. Sehingga perlunya ditingkatkan kerjasama yang baik antara pendidik,
orang tua dan peserta didik guna agar dapat mencetak peserta didik menjadi
generasi yang unggul. Dari data yang dikumpulkan terlihat bahwa masih
rendahnya pengetahuan Nilai-Nilai Profil Pelajar Pancasila di Kelas IV SD Al Ihsan Medan yang berlokasi di Jl. Jemadi No.18 A, Pulo Brayan Darat I,
Kecamatan Medan Timur, Kota Medan, Sumatera Utara