Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk melihat Apakah ada Pengaruh Model
Pembelajaran Problem Based Learning berbantu media pembelajaran Videoscribe
terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas X AKL SMKS BUDI AGUNG
Medan T.A 2022/2023. Adapun Populasi dalam penelitian ini berjumlah 65 Siswa.
Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah total
sampling, Adapun yang menjadi sampel di penelitian ini yaitu Kelas X AKL 1
sebagai kelas Kontrol dan Kelas X AKL 2 sebagai kelas eksperimen. Jenis
penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan True Experimental
Design. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Tes dan
Observasi, adapun Tes terdiri dari 7 item butir soal post-test yang sudah diuji
validitas dan reliabilitasnya dan Lembar Observasi terdiri dari 8 kriteria penilaian.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa hasil nilai dari soal post-test
pada kelas Kontrol memiliki rata-rata 73.08 dan kelas Eksperimen yaitu 83.12.
Berdasarkan hasil nilai dari soal post-test tersebut dapat dilihat bahwa ada
perbedaan nilai rata-rata dari kelas kontrol dan kelas eksperimen. Peneliti
menggunakan Uji Mann-Whitney untuk menguji hipotesis sehingga di peroleh nilai
Asymp. Sig. (2-tailed) 0,026 yang berarti Nilai signifikansi tersebut lebih kecil dari
0,05 sehingga berdasarkan kriteria pengambilan keputusan Ha diterima dan Ho
ditolak. Dapat disimpulkan bahwa Terdapat pengaruh Model Pembelajaran
Problem Based Learning berbantu media pembelajaran Videoscribe terhadap
keterampilan berpikir kritis siswa kelas X AKL SMKS BUDI AGUNG Medan T.A
2022/2023