Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh pengaruh fasilitas,
pelayanan dan promosi terhadap kepuasan pengunjung binjai supermall baik
secara parsial maupun simultan. Pendekatan penelitian ini adalah asosiatif.
Populasinya adalah seluruh pengunjung binjai supermall dan sampelnya sebanyak
100 pengunjung binjai supermall. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini
menggunakan teknik wawancara, studi dokumentasi, observasi, dan angket.
Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Uji Analisis Regresi Liner
Berganda, Uji Hipotesis (Uji t dan Uji F), dan Koefisien Determinasi. Pengolahan
data dalam penelitian ini menggunakan program software SPSS (Statistic Package
for the Social Sciens) versi 29.00. Terdapat pengaruh positif variabel fasilitas
(X1) terhadap variabel kepuasan pengunjung (Y) yang ditunjukkan thitung lebih
besar dari ttabel (0.318 > 1.985) dengan angka signifikan 0.751>0,05, Maka
berdasarkan pengambilan keputusan dapat disimpulkan bahwa secara pasrial tidak
ada pengaruh positif dan tidak signifikan antara fasilitas terhadap kepuasan
pengunjung. Terdapat pengaruh positif variabel pelayanan (X2) terhadap variabel
kepuasan pengunjung (Y) yang ditunjukkan thitung lebih besar dari ttabel ttabel (6.116
> 1.985) dengan angka signifikan 0.001>0,05, Maka berdasarkan pengambilan
keputusan dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan antara
pelayanan terhadap kepuasan pengunjung. Terdapat pengaruh positif variabel
promosi (X3) terhadap variabel kepuasan pengunjung (Y) yang ditunjukkan thitung
lebih besar dari ttabel (1.038 < 1.985) dengan angka signifikan 0.302>0,05, Maka
berdasarkan pengambilan keputusan dapat disimpulkan ada pengaruh signifikan
antara promosi terhadap kepuasan pengunjung. Pengujian yang dilakukan secara
simultan menunjukan bahwa variabel fasilitas (X1), pelayanan (X2) dan promosi
(X3) berpengaruh terhadap kepuasan pengunjung (Y). Berdasarkan hasil dari
penelitian dengan melakukan pengujian SPSS, Maka diperoleh nilai Fhitung
(34.940)> Ftabel (2,70) dengan tingkat signifikan sebesar (0.001<0,05). Maka Ho
ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukan bahwa secara simultan yang
menyatakan bahwa ada pengaruh signifikan fasilitas, pelayanan dan promosi
bersama sama terhadap kepuasan pengunjung