Research Repository

EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF-REGULATED LEARNING UNTUK MEREDUKSI ACADEMIC BURNOUT PADA SISWA KELAS X SMK YPK MEDAN TAHUN AJARAN 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.author PUTRI, GIRNA DELISKA
dc.date.accessioned 2023-11-28T02:20:51Z
dc.date.available 2023-11-28T02:20:51Z
dc.date.issued 2023-11-28
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23260
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran academic burnout pada siswa SMK YPK Medan. Adapun dilakukannya penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan perbedaan skor dalam mereduksi academic burnout pada siswa kelompok eksperimen sebelum dan sesudah diberikan perlakuan layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik self-regulated learning. Sedangkan kelompok kontrol sebelum dan sesudah diberikan perlakuan dengan layanan bimbingan kelompok. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan tipe penelitian eksperimen. Objek dari penelitian ini adalah siswa kelas X OTKP SMK YPK Medan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket kepada siswa yang mengalami academic burnout. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa siswa yang mengalami academic burnout ditinjau dari beberapa indikator antara lain kelelahan fisik, keletihan emosional, perasaan rendah diri, depersonalisasi, dan menurunnya keyakinan akademik. Hasil uji analisis menggunakan uji Wilcoxon Signed Ranks Test dan uji analisis Kolmogorov Smirnov Two Independent Samples. Dengan demikian berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan antara lain: (1) terdapat perbedaan yang signifikan academic burnout siswa pada kelompok eksperimen sebelum (pretest) dan sesudah (posttest) dengan layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik self-regulated learning. (2) terdapat perbedaan yang signifikan academic burnout siswa pada kelompok kontrol sebelum (pretest) dan sesudah (posttest) dengan layanan bimbingan kelompok. (3) terdapat perbedaan yang sidnifikan academic burnout siswa pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang diberikan perlakuan (treatment). en_US
dc.subject Bimbingan Kelompok en_US
dc.subject Teknik Self-Regulated Learning en_US
dc.subject Academic Burnout en_US
dc.title EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF-REGULATED LEARNING UNTUK MEREDUKSI ACADEMIC BURNOUT PADA SISWA KELAS X SMK YPK MEDAN TAHUN AJARAN 2022/2023 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account