Abstract:
Dalam pengembangan potensi peserta didik, guru wajib memeberikan
pembelajaran yang bisa dipahami oleh siswa agar terlahirnya siswa yang berilmu,
serta krearif, dan guru juga harus sanggup membuat proses belajar mengajar yang
inovatif serta menyenagkan sehingga bisa meningkatkan kenyamanan serta
keaktifan peserta didik. Anak yang memiliki kesulitan belajar juga perlu
mendapatkan perhatian khusus, dikarenakan kesulitan belajar ini juga gangguan
pemahaman terhadap siswa, serta beberapa faktor bisa saja terjadi dalam proses
belajar pada anak, faktor ini bisa berupa kurang paham dalam proses belajar,
kurangnya perhatian dari guru, kurangnya dukungan orang tua maupun dukungan
teman. Sehingga penelitian ini tercipta atas masalah yang sering muncul terhadap
anak di sekolah yaitu “Penerapan Layanan Konseling Individual Dengan
Menggunakan Pendekatan Cognitive Behavioral Therapy Untuk Mengurangi
Kesulitan Belajar Siswa Di SMA Negeri 10 Medan Tahun Ajaran 2022/2023” baik itu
kurang dari sarana prasarana maupun dorongan dari yang lain bahkan sampai
rendahnya motivasi belajar, hal tersebut juga menjadi masalah yang harus
diselesaikan dalam bidang pendidikan yaitu guru bimbingan konseling.