Abstract:
Volume lalulintas pada ruas jalan Kilometer 15, Medan Sunggal. mengalami
peningkatan daritahun ke tahun. Hal ini disebabkan perkembangan yang sangat
pesat pada daerah tersebut. Untuk mengatasi masalah kemacetan lalulintas pada
ruas jalan Kilometer 15, terlebih dahulu diperlukan pengetahuan mengenai
karakteristik lalulintas dan model hubungan antara karakteristik tersebut. Kajian
ini bertujuan mengetahui komposisi pada ruas jalan yang berkaitan dengan
karakteristik Volume (Q), Kecepatan (V) dan Kerapatan (D), dengan
menggunakan Metode Greenberg sesuai dengan batasan-batasan yang ada.
Survei data meliputi volume dan kecepatan lalulintas dengan metode manual
count. Kondisi Exsiting yaitu termasuk jalan lokal dengan panjang ruas jalan
hingga ± 2100 m dengan lebar ± 6 meter yang terbagi menjadi 2/2 TT. Hasil
analisis menggunakan Metode Greenberg menunjukkan bahwa Volume
Tertinggi 2242 skr/jam, Volume maksimum (Qmax)5138.43 skr/jam, Kecepatan
rata-rata 21.04 km/jam, Kecepatan Bebas (Vf) 10.25 km/jam, Kecepatan
maksimum (Vm) 10.01 km/jam, Kerapatan maksimum (Dj)513,33 smp/km,
Koefisien Determinan (r2) 0.10.