Abstract:
opini adalah suatu sikap atau pendapat seseorang mengenai sebuah
persoalan ataupun keadaan yang pernah maupun sedang terjadi Opini publik adalah
sifat umum yang diselidiki oleh ilmu komunikasi, yang merupakan bentuk
kelompok (sosial) yang kolektif dan tidak permanen. Opini masyarakat atau publik
merupakan salah satu bentuk dari efek proses komunikasi politik. Penelitian dengan
judul “opini masyarakat kota Medan pasca penetapan Anies Baswedan sebagai
capres Nasdem tahun 2024”. Peneliti mengambil lokasi penelitian di 3 (tiga)
kecamatan yang ada di kota Medan. Rumusan masalah bagaimana opini masyarakat
pasca penetapan Anies Baswedan sebagai capres Nasdem tahun 2024. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana opini masyarakat terhadap partai
Nasdem pasca penetapan Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden 2024 di
kota Medan. Teori yang digunakan adalah opini, masyarakat, opini masyarakat,
komunikasi politik, Anies Baswedan, partai Nasdem. Metode penelitian yang
diambil adalah deskriptif kualitatif. Tahap pengumpulan data penelitian dengan
melakukan proses observasi, melakukan wawancara dengan narasumber,
dokumentasi, dan hasil pembicaraan yang di analisis sehingga peneliti dapat
menarik kesimpulan. Narasumber yang diwawancarai oleh peneliti yakni berjumlah
9 (sembilan) orang. Peneliti memberikan 10 (sepuluh) pertanyaan untuk memenuhi
kebutuhan dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti. Peneliti menyimpulkan
bahwa opini masyarakat dapat mengangkat nama dari Anies Baswedan maupun
partai Nasdem, karena hal tersebut dinilai cukup efektif dan efisien
untukmendapatkan perhatian dari publik. Peneliti juga menyarankan agar kinerja
dari Anies Baswedan dan partai Nasdem agar lebih ditingkatkan lagi , agar
terciptanya suatu elektabilitas yang bermutu untuk kesejahteraan rakyat Indonesia.