Research Repository

PEGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS BERITA PERISTIWA MULTIKULTURAL DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DI SD NEGERI 017 TAMBUSAI UTARA 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.author RITONGA, EKA YANTI
dc.date.accessioned 2023-11-28T01:49:48Z
dc.date.available 2023-11-28T01:49:48Z
dc.date.issued 2023-11-28
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23239
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi peserta didik kurang berpikir kreatif dalam menyelesaikan masalah-masalah yang ada pada materi karena siswa dituntut untuk memahami materi, untuk mengembangkan kemampuan berpikir siswa, peneliti melakukan pengembangan bahan ajar berbasis modul ajar dengan pendekatan kontestual. Peneliti ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar siswa dengan pendekatan kontestual pada materi berita kelas V SD 017 Tambusai Utara dengan kriteria layak dan praktis. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE. Waktu penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret 2023 – April 2023. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 017 Tambusai Ut koara Sampel dalam penelitian ini berjumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa hasil validasi ahli materi sebesar 97,3%. Validasi ahli media sebesar 85%. Dan validasi ahli bahasa sebesar 95 % . Berdasarkan hasil validasi dari ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa sehingga tergolong dalam kriteria valid. Persentase angket respon guru sebesar 91,4% (sangat praktis). Dengan demikian, Pengembangan bahan ajar menulis berita dengan pendekatan kontestual memenuhi kriteria. en_US
dc.publisher umsu en_US
dc.subject Pengembangan Bahan Ajar Menulis Berita Peristiwa Multikultural Dengan Pendekatan Kontekstual en_US
dc.title PEGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS BERITA PERISTIWA MULTIKULTURAL DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DI SD NEGERI 017 TAMBUSAI UTARA 2022/2023 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account