Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi peserta didik kurang berpikir kreatif dalam
menyelesaikan masalah-masalah yang ada pada materi karena siswa dituntut
untuk memahami materi, untuk mengembangkan kemampuan berpikir siswa,
peneliti melakukan pengembangan bahan ajar berbasis modul ajar dengan
pendekatan kontestual. Peneliti ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar
siswa dengan pendekatan kontestual pada materi berita kelas V SD 017 Tambusai
Utara dengan kriteria layak dan praktis. Penelitian ini merupakan jenis penelitian
pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE. Waktu
penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret 2023 – April 2023. Populasi dalam
penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 017 Tambusai Ut koara Sampel
dalam penelitian ini berjumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data pada
penelitian ini menggunakan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa
hasil validasi ahli materi sebesar 97,3%. Validasi ahli media sebesar 85%. Dan
validasi ahli bahasa sebesar 95 % . Berdasarkan hasil validasi dari ahli materi,
ahli media, dan ahli bahasa sehingga tergolong dalam kriteria valid. Persentase
angket respon guru sebesar 91,4% (sangat praktis). Dengan demikian,
Pengembangan bahan ajar menulis berita dengan pendekatan kontestual
memenuhi kriteria.