Research Repository

PENERAPAN MEDIA KARTU PERAN DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA DI KELAS IV SD MUHAMMADIYAH 20 MEDAN T.A 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.author PUSPITA, T.WINDA
dc.date.accessioned 2023-11-28T01:39:30Z
dc.date.available 2023-11-28T01:39:30Z
dc.date.issued 2023-11-28
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23230
dc.description.abstract Peneliti ini dilatar belakangi oleh kurangnya motivasi siswa dalam menulis cerita, tidak adanya minat belajar siswa dalam menulis, tidak adanya media pembelajaran, bagian dari keterampilan menulis yaitu menulis karangan. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan media kartu peran dalam meningkatkan keterampilan menulis pada materi karangan narasi mata pelajaran bahasa indonesia di kelas IV SD Muhammadiyah 20 Medan. Penelitian ini menggunakan jenis PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Lokasi penelitian ini dilakukan di SD Muhammadiyah 20 Medan di Jalan Gedung Arca Gang Persatuan . Waktu penelitian diadakan pada bulan Februari 2022. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas IV SD Muhammadiyah 20 Medan sebanyak 23 orang siswa yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Objek penelitian ini adalah penerapan media kartu peran dalam meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi di kelas IV SD Muhammadiyah 20 Medan. Instrumen Pengumpulan Data menggunakan Observasi. Teknik Analisis Data yang digunakan ialah Analisis Aktivitas Guru dan Analisis Aktivitas Siswa. Adapun Hasil Penelitian menunjukkan bahwa hasil keterampilan menulis siswa pada siklus I yang tuntas sebanyak 61 %. Hasil keterampilan menulis siswa pada siklus II yang tuntas sebanyak 87 %. Analisis Aktivitas Guru pada siklus I sebanyak 80 dengan kriteria B (Baik). Analisis Aktivitas Guru Pada siklus II sebanyak 90 dengan kriteria A (Amat Baik). Analisis Aktivitas Siswa pada siklus I siswa yang tuntas sebanyak 12 siswa dengan persentase 52,2 %. Analisis Siswa pada siklus II siswa yang tuntas sebanyak 20 siswa dengan persentase 86,9 %. Hal ini menunjukkan bahwa pada siklus I dan Siklus II mengalami peningkatan dari keterampilan menulis, analisis aktivitas guru, maupun analisis aktivitas siswa en_US
dc.subject Penerapan Media Kartu Peran en_US
dc.subject Keterampilan Menulis en_US
dc.title PENERAPAN MEDIA KARTU PERAN DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA DI KELAS IV SD MUHAMMADIYAH 20 MEDAN T.A 2022/2023 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account