Abstract:
Peneliti ini dilatar belakangi oleh kurangnya motivasi siswa dalam menulis
cerita, tidak adanya minat belajar siswa dalam menulis, tidak adanya media
pembelajaran, bagian dari keterampilan menulis yaitu menulis karangan.
Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan media kartu peran dalam
meningkatkan keterampilan menulis pada materi karangan narasi mata pelajaran
bahasa indonesia di kelas IV SD Muhammadiyah 20 Medan. Penelitian ini
menggunakan jenis PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Lokasi penelitian ini
dilakukan di SD Muhammadiyah 20 Medan di Jalan Gedung Arca Gang
Persatuan . Waktu penelitian diadakan pada bulan Februari 2022. Subjek
penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas IV SD Muhammadiyah 20 Medan
sebanyak 23 orang siswa yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 9 siswa
perempuan. Objek penelitian ini adalah penerapan media kartu peran dalam
meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi di kelas IV SD
Muhammadiyah 20 Medan. Instrumen Pengumpulan Data menggunakan
Observasi. Teknik Analisis Data yang digunakan ialah Analisis Aktivitas Guru
dan Analisis Aktivitas Siswa. Adapun Hasil Penelitian menunjukkan bahwa hasil
keterampilan menulis siswa pada siklus I yang tuntas sebanyak 61 %. Hasil
keterampilan menulis siswa pada siklus II yang tuntas sebanyak 87 %. Analisis
Aktivitas Guru pada siklus I sebanyak 80 dengan kriteria B (Baik). Analisis
Aktivitas Guru Pada siklus II sebanyak 90 dengan kriteria A (Amat Baik).
Analisis Aktivitas Siswa pada siklus I siswa yang tuntas sebanyak 12 siswa
dengan persentase 52,2 %. Analisis Siswa pada siklus II siswa yang tuntas
sebanyak 20 siswa dengan persentase 86,9 %. Hal ini menunjukkan bahwa pada
siklus I dan Siklus II mengalami peningkatan dari keterampilan menulis, analisis
aktivitas guru, maupun analisis aktivitas siswa