Abstract:
Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah Mengurangi Perilaku
Merokok di Sekolah Menggunakan Teknik Restrukturisasi Kognitif pada Siswa
Kelas X SMK Negeri 9 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018, berdasarkan hasil
observasi yang dilakukan peneliti, sangat banyak siswa yang menunjukkan
perilaku merokok disekolah. Dengan ini peneliti ingin membantu mengurangi
perilaku merokok siswa tersebut dengan menggunakan teknik restrukturisasi
kognitif yaitu teknik yang digunakan dalam bimbingan kelompok untuk
memodifikasi dan menghentikan pemikiran-pemikiran yang negatif kemudian
menggantikannya dengan pemikiran baru yang lebih positif. Tujuan penelitian ini
yaitu untuk mengurangi perilaku merokok siswa yang ada disekolah. Subjek
dalam penelitian ini adalah siswa kelas X PS 2 SMK Negeri 9 Medan Tahun
Pembelajaran 2017/2018 yang berjumlah sepuluh orang siswa. Instrumen yang
digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan Observasi dan Wawancara .
Adapun Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu
menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil
penelitian ini dapat diketahui bahwa perilaku merokok siswa kelas X SMK Negeri
9 Medan sudah berkurang secara bertahap, hal itu di buktikan dari penilaian
segera yang dilakukan langsung oleh peneliti setelah kegiatan selesai yaitu
berkisar 54-75 % perilaku merokok berkurang dan juga hasil observasi yang
dilakukan kembali oleh peneliti setelah dilakukannya layanan bimbingan
kelompok dengan teknik restrukturisasi kognitif dan juga pernyataan yang
diungkapkan oleh guru bimbingan konseling serta wali kelas. Dengan ini teknik
restrukturisasi melalui layanan bimbingan kelompok dapat mengurangi perilaku
merokok yang ada disekolah khususnya pada siswa kelas X SMK Negeri 9 Medan
tahun pembelajaran 2017/2018.