Abstract:
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya Layanan Konseling
individual untuk mengatasi perilaku introvert pada siswa kelas VIII SMP PGRI 3
Medan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya layanan konseling
individual dapat mengatasi perilaku introvert pada siswa kelas VIII SMP PGRI 3
Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018, yang beralamat di Jl. Abdul Sani
Muthalib, Kelurahan Terjun, Kecamatan Medan Marelan. Penelitian ini
merupakan penelitian tindakan layanan dengan pendekatan deskriptif kualitatif.
Subjek penelitian ini yakni peneliti sendiri yang bekerja sama dengan Guru BK
dan Wali Kelas, sedangkan objek dari penelitian ini terdiri dari 4 orang siswi kelas
VIII. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi,
wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data,
penyajian data, dan kesimpulan. Dari hasil dengan menggunakan observasi dan
wawancara, upaya layanan konseling individual (menggunakan pendekatan client
centered) dapat mengatasi perilaku introvert siswa menjadi perilaku yang mampu
bersosialisasi dan berinteraksi serta terbuka dengan teman-temannya (ektrovert).
Dengan demikian upaya layanan konseling individual dapat mengatasi perilaku
introvert pada siswa kelas VIII SMP PGRI 3 Medan dapat menyadari perilaku
siswa yang ia miliki itu sebelumnya, tidak bisa diterima oleh temannya, karena
cenderung menyendiri, menutup diri, tidak bersosialisasi dan berinteraksi dengan
teman-temannya. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi dan penilaian segera
setelah mendapatkan layanan konseling individual menggunakan pendekatan
client centered.