Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2320
Title: paya Layanan Konseling Individual Untuk Mengatasi Perilaku Introvert Perilaku Introvert Pada Siswa Kelas VIII SMP PGRI 3 Medan
Keywords: Layanan Konseling Individual;Perilaku Introvert
Issue Date: 20-Feb-2018
Abstract: Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya Layanan Konseling individual untuk mengatasi perilaku introvert pada siswa kelas VIII SMP PGRI 3 Medan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya layanan konseling individual dapat mengatasi perilaku introvert pada siswa kelas VIII SMP PGRI 3 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018, yang beralamat di Jl. Abdul Sani Muthalib, Kelurahan Terjun, Kecamatan Medan Marelan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan layanan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini yakni peneliti sendiri yang bekerja sama dengan Guru BK dan Wali Kelas, sedangkan objek dari penelitian ini terdiri dari 4 orang siswi kelas VIII. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Dari hasil dengan menggunakan observasi dan wawancara, upaya layanan konseling individual (menggunakan pendekatan client centered) dapat mengatasi perilaku introvert siswa menjadi perilaku yang mampu bersosialisasi dan berinteraksi serta terbuka dengan teman-temannya (ektrovert). Dengan demikian upaya layanan konseling individual dapat mengatasi perilaku introvert pada siswa kelas VIII SMP PGRI 3 Medan dapat menyadari perilaku siswa yang ia miliki itu sebelumnya, tidak bisa diterima oleh temannya, karena cenderung menyendiri, menutup diri, tidak bersosialisasi dan berinteraksi dengan teman-temannya. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi dan penilaian segera setelah mendapatkan layanan konseling individual menggunakan pendekatan client centered.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2320
Appears in Collections:Guidance and Counseling



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.