Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh
customer relationship marketing terhadap keputusan pembelian, untuk
mengetahui dan menganalisis pengaruh harga terhadap keputusan pembelian,
untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh lokasi terhadap keputusan
pembelian dan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh customer
relationship marketing, harga dan lokasiterhadap keputusan menginap di My
Nasha Hotel Tigaras Simalungun. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian
ini adalah pendekatan asosiatif. Populasi dari penelitian ini adalah keseluruhan
pelanggan My Nasha Hotel tahun 2018-2022 dan sampel yang digunakan dalam
penelitian ini adalah 100 orang dengan menggunakan rumus slovin. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Teknik analisis data
dalam penelitian ini menggunakan Regresi Linear Berganda, Uji Asumsi Klasik,
Uji t dan Uji F, dan Koefisien Determinasi. Pengolahan data dalam penelitian ini
menggunakan program software SPSS (versi 24.00). Secara parsial customer
relationship marketing memiliki pengaruh positif signifikan terhadap keputusan
pembelian. Secara parsial harga memiliki pengaruh negatif signifikan terhadap
keputusan pembelian. Secara parsial lokasi memiliki pengaruh positif signifikan
terhadap keputusan pembelian. Secara simultan customer relationship marketing,
harga dan lokasi memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan menginap di
My Nasha Hotel Tigaras Simalungun.