Abstract:
Perilaku bullying sering kali diartikan sebagai tindakan untuk melukasi seseorang
baik secara fisik maupun psikis. Terdapat 4 jenis bullying yaitu bullying verbal,
bullying fisik, bullying sosial dan cyberbullying. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengantisipasi terjadinya perilaku bullying melalui layanan bimbingan kelompok
dengan teknik Assertive Training. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 1 Galang.
Objek pada penelitian ini sebanyak 8 siswa yang tidak mampu bersikap asertif ketika
mendapatkan perilaku bullying. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah
teknik proposive sampling (Random Sampling). Metode pengumpulan data yang
melibatkan observasi, wawancara, dan dokumentasi adalah pendekatan yang umum
digunakan dalam penelitian kualitatif. Dengan menggunakan kombinasi teknik ini,
terdapat peningkatan pemahaman pada siswa terhadap perilaku bullying, kemudian
siswa mampu bersikap asertif saat mendapatkan perilaku bullying, serta siswa
mampu untuk mengungkapkan apa yang dirasakannya. Berfokus pada hasil akhir
penelitian, yang menyimpulkan bahwa penerapan Teknik Assertive Training melalui
bimbingan kelompok efektif sebagai alternatif untuk mengantisipasi perilaku
bullying pada siswa SMP Negeri 1 Galang