Abstract:
Bertitik tolak dari kondisi dermaga angkutan penumpang di Pelabuhan Bandar
Deli Belawan yang tidak cukup dalam menampung penumpang yang semakin
meningkat dan kunjungan kapal yang sepi, membuat keadaan dermaga menjadi
tidak teratur dan tidak nyaman. Dengan Demikian dermaga angkutan penumpang
di Pelabuhan Bandar Deli Belawan sudah harus mengalami penataan dan
pelayanan yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja
pelayanan kapal berdasarkan approach time dan waiting time, mengetahui kinerja
fasilitas terminal penumpang pelabuhan dan kinerja pelayanan Pelabuhan Bandar
Deli Belawan. Analisis pelayanan fasilitas Dermaga Penumpang di Pelabuhan
Bandar Deli Belawan dilakukan berdasarkan ramalan arus naik turun penumpang
dan arus kunjungan kapal dengan menggunakan metode regresi linier sederhana.
Hasil dari analisis perhitungan waiting time rata-rata sebesar 0,33 jam dan waiting
time tertinggi sebesar 0,41 jam dan perhitungan approach time rata-rata sebesar
0,20 jam dan approach time tertinggi sebesar 0,25 jam. Untuk tingkat kinerja
Pelabuhan Bandar Deli Belawan mempunyai tingkat kinerja yang baik. Hasil
ramalan pada tahun 2023 – 2027 untuk jumlah penumpang yang naik adalah
69.359,8, 88.579,3, 107.798,8, 127.018,3, dan 146.237,8 orang, dan penumpang
turun adalah 75.026,7, 97.421,2, 119.815,7,142.210,2, dan 164.604,7 orang.
Untuk jumlah kunjungan kapal dari tahun 2023 – 2027 adalah 50,5, 57, 63,5, 70,
dan 76,5 kapal dengan sistem pelayanan harus lebih baik