Abstract:
Latar belakang penelitian ini adalah kurang efektifnya penggunaan teknologi dan
media pembelajaran dalam proses pendidikan IPA. Pertanyaan penelitian ini
adalah apakah keterampilan proses sains siswa kelas V SDN 067774 Medan Johor
dipengaruhi oleh media video animasi kartun. Penggunaan media video animasi
powtoon terhadap keterampilan proses IPA siswa pada pembelajaran IPA materi
perpindahan kalor merupakan keterbatasan dari masalah penelitian ini. Tujuan
dari penelitian ini adalah untuk melihat apakah keterampilan proses sains siswa
kelas V SDN 067774 Medan Johor dipengaruhi oleh video animasi powtoon. Jenis
penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi yang
digunakan dalam penelitian ini adalah kelas V SD Negeri 067774 Medan Johor
yang terdiri dari 2 kelas dengan uji purposive. Variabel mandiri adalah Media
Video Gerakan Powtoon sedangkan variabel terikat adalah Kemampuan Siklus
Sains mahasiswa. Uji Independen Samples Test digunakan untuk menguji
hipotesis; sebelum itu, uji normalitas dan homogenitas juga digunakan. Temuan
penelitian ini adalah sig. 2-tailed dari 0,000, atau kurang dari 0,05. Sehingga
cenderung beralasan bahwa ada pengaruh pemanfaatan media video animasi
powtoon terhadap kemampuan siklus IPA siswa kelas V SD Negeri 067774
Medan Johor