Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan
model pembelajaran Kumon dengan Lembar Kerja Siswa (LKS) dapat
meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan Menyusun Laporan Harga
Pokok Produksi Dengan Sistem Perpetual di kelas XII SMK Negeri 13 Medan
Tahun Pelajaran 2017/2018. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII
Akuntansi SMK Negeri 13 Medan yang berjumlah 39 orang siswa. sedangkan
yang menjadi objek penelitian ini adalah Model Pembelajaran Kumon dengan
Lembar Kerja Siswa (LKS) sebagai usaha dalam meningkatkan hasil belajar siswa
pada pokok bahasan Menyusun Laporan Harga Pokok Produksi Dengan Sistem
Perpetual di kelas XII SMK Negeri 13 Medan. Instrumen penelitian ini adalah tes
dan observasi. Adapun yang menjadi hasil dalam penelitian ini adalah hasil
belajar siswa pada tes Siklus I ada 14 siswa dari 39 siswa ( 35,90% ) yang
mencapai ketuntasan sedangkan untuk hasil belajar pada tes Siklus II terdapat 36
siswa ( 92,31% ) yang mencapai ketuntasan. Hal ini menunjukkan peningkatan
dari tes Siklus I ke tes Siklus II sebesar 56, 41%, sehingga dapat disimpulkan
bahwa melalui model pembelajaran Kumon dengan LKS dapat meningkatkan
hasul belajar siswa kelas XII Akuntansi di SMK Negeri 13 Medan Tahun
Pelajaran 2017/2018.