Abstract:
Skripsi ini membahas tentang Strategi Guru Akidah Akhlak Dalam
Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa Di Madrasah Tsanawiyah Nurul Iman
Padang Reba penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan
sumber data primer dan skunder. Untuk memperoleh data tersebut peneliti
menggunakan metode Obsevasi, Dokumentasi, dan wawancara. Tujuan penelitian
ini adalah untuk mengetahui bagaimana keadaan kedisiplinan belajar siswa,
kendala guru akidah akhlak, dan bagaimana strategi guru akidah akhlak dalam
meningkatkan kedisiplinan belajar siswa tersebut.Hasil penelitian menunjukan
bahwa keadaan disiplin belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Nurul Iman
Padang Reba yakni masih lemahnya minat belajar siswa, siswa kurang introspeksi
diri, dan masih lemahnya hukuman siswa. Kendala guru yakni siswa suka
membuat kegaduhan di dalam kelas, serta membolos masuk kelas. Strategi guru
yakni guru memberikan pengarahan, guru memberikan nasihat, dan guru
memberikan sanksi kepada siswa yang melanggar kedisiplinan.