Abstract:
Latar belakang penelitian ini adalah banyak partai politik di negeri ini, melakukan
komunikasi yang tidak baik dan benar serta tidak efisien. Banyak partai politik
memainkan cara pintas dalam melakukan komunikasi politik. Banyak diantara
cara yang dipilih adalah politik pragmantis, yaitu cara-cara yang dianggap cepat
seperti uang, sembako, dll., yang dijalankan saat kampanye menjelang pemilihan,
atau juga komunikasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi
komunikasi politik Partai Nasdem Tapanuli Tengah dalam menghadapi pemilu
Tahun 2024. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian
kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan penulis adalah wawancara,
observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini menghasilkan data data deskriptif berupa kata-kata penulis atau lisan dari orang-orang atau perilaku
yang dapat diamati. Berdasarkan hasil penelitian bahwa strategi komunikasi Partai
Nasdem Tapanuli Tengah dalam menghadapi Pemilu tahun 2024 dengan
pendekatan terhadap masyarakat yang menggunakan model pendekatan secara
kultural atau sosial budaya, proses persuasi yang dilakukan harus berdasarkan
bahwa pesan-pesan komunikasi dapat digunakan untukmempengaruhi seseorang.