Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh variable
harga, kualitas layanan dan kepuasan konsumen terhadap minat penggunaan ulang
baik secara parsial maupun simultan pada aplikasi dana (studi kasus pada
mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara). Pendekatan penelitian ini
adalah asosiatif. Populasinya sebanyak 98 pengguna dan sampelnya sebanyak 98
pengguna aplikasi dana . Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini
menggunakan teknik wawancara, studi dokumentasi, observasi, dan angket. Teknik
analisis data dalam penelitian ini menggunakan Uji Analisis Regresi Liner
Berganda, Uji Hipotesis (Uji t dan Uji F), dan Koefisien Determinasi. Pengolahan
data dalam penelitian ini menggunakan program software SPSS (Statistic Package
for the Social Sciens) versi 29.00. Hasil penelitian uji t bahwa variabel harga (X1)
yaitu nilai (1.878<1.9855) dengan angka signifikan 0.063>0,05 artinya harga
berpengaruh signifikan terhadap minat penggunaan ulang, variabel kualitas layanan
(X2) yaitu nilai (5.197>1.985) dengan angka signifikan 5.197>0,05. artinya
kepuasan konsumen berpengaruh signifikan terhadap minat penggunaan ulang.
variabel kualitas layanan (X3) yaitu nilai (-0.292>1.985) dengan angka signifikan -
0.292<0,05. artinya kualitas layanan berpengaruh signifikan terhadap minat
penggunaan ulang. Hasil uji F bahwa diperoleh bahwa nilai Fhitung (34.803)> Ftabel
(2.76) dan tingkat signifikansinya (0,001) < 0,05, menunjukkan bahwa pengaruh
harga, kualitas layanan dan kepuasan konsumen secara serempak adalah signifikan
terhadap minat penggunaan ulang. Hasil uji koefisien determinasi yang diperoleh
nilai Adjusted R Square sebesar 0,511 berarti 51,1% faktor-faktor minat
penggunaan ulang dapat dijelaskan oleh harga, kualitas layanan dan kepuasan
konsumen. Sedangkan sisanya 48,9% dapat dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang
tidak diteliti oleh penelitian ini.