Abstract:
Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh Metode
Learning Start With a Question terhadap kreativitas siswa pada mata pelajaran
IPS Kelas V di MIS Mutiara Aulia. Jenis penelitian ini adalah penelitian
kuantitatif, sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V MIS Mutiara
Aulia sebanyak 25 siswa. Teknik pengambilan sampel yang dipilih adalah
sampling jenuh. Menurut Sugiyono (2022 : 85) sampling jenuh adalah teknik
penentuan sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa Kreativitas siswa sebelum menggunakan Metode
Learning Start With a Question sangat rendah ini terlihat siswa yang memenuhi
nilai KKM hanya 13 orang siswa dan 12 orang lagi belum memenuhi nilai KKM.
Kreativitas siswa setelah menggunakan Metode Learning Start With a Question
mengalami peningkatan yang memenuhi nilai KKM sebanyak 23 siswa dan 2
siswa belum memenuhi nilai KKM. Berdasarkan hasil perhitungan dengan SPSS
terlihat bahwa nilai signifikan yang diperoleh adalah 0,000. Sehingga hasil
penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh Metode Learning Start With a
Question terhadap kreativitas siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas V di MIS
Mutiara Aulia.