Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
Numbered Head Together terhadap keterampilan mengidentifikasi informasi pada
teks ulasan tentang kualitas karya oleh siswa siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Lawe
Alas tahun pembelajaran 2022/2023. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Lawe Alas. Sampel penelitian ini adalah siswa
kelas VIII yang berjumlah 19 siswa. Metode penelitian ini adalah metode
eksperimen dengan desain Pre-Experimental Design dengan model One Group
Pretest-Posttest Design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah
menggunakan uji tes awal (Pretest) dan tes akhir (Posttest) dengan teknik analisis
data menggunakan uji t. Berdasarkan hasil penelitian keterampilan
mengidentifikasi informasi pada teks ulasan tentang kualitas karya sebelum
menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together rata-rata 63,94
termasuk dalam kategori cukup sedangkan keterampilan mengidentifikasi
informasi pada teks ulasan tentang kualitas karya sesudah menggunakan model
pembelajaran Numbered Head Together rata-rata 75 termasuk dalam kategori
baik. Berdasarkan uji t diketahui hilai thitung > ttabel yaitu 3,64 > 1,73 dengan ini
hipotesis terbukti diterima. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat
pengaruh yang signifikan penggunakan model pembelajaran Numbered Head
Together terhadap keterampilan mengidentifikasi informasi pada teks ulasan
tentang kualitas karya siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Lawe Alas Tahun
Pembelajaran 2022/2023.