Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas II
SD Negeri 19 Asam Jawa Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian
Tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan pada semester II tahun ajaran
2022/2023 dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SD Negeri
19 Asam Jawa yang berjumlah 26 siswa yang terdiri 14 perempuan dan 12 laki-laki.
Instrumen penelitian berupa perfomance tes dan lembar observasi. Teknik analisis
data yang dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa pada muatan pelajaran Bahasa Indonesia
di kelas II SD Negeri 19 Asam Jawa. Hasil kemampuan membaca sebelum
diterapkan metode SAS (Struktural Analisis Sintetik) dengan berbantuan media
kartu huruf terdapat 6 siswa yang tuntas dengan persentase ketuntasan (23,07%)
dan siswa yang tidak tuntas 20 siswa dengan persentase ketuntasan (76,93 %). Hasil
ini belum memenuhi KKM yaitu 70. Pada siklus I terdapat 8 siswa yang tuntas
dengan persentase ketuntasan (30,76%), dan siswa yang tidak tuntas 18 siswa
dengan persentase ketuntasan (69,23%), berarti ada peningkatan tindakan di siklus
I sebanyak 2 siswa, sedangkan siklus II hasilnya mengalami peningkatan lagi yaitu
meningkat terdapat 23 siswa yang tuntas denganpersentase ketuntasan (88,46%),
dan siswa yang tidak tuntas 3 siswa dengan persentase (11,53%). Dengan demikian
ada peningkatan persentase dari siklus I ke siklus II sebanyak 15 siswa. Selain itu
keaktifan siswa dalam mengikuti pelajaran juga meningkat. Halini ditandai dengan
meningkatnya keaktifan siswa dalam bertanya, menjawab pertanyaan dan
mengemukakan pendapat