Abstract:
Layanan konseling kelompok pendekatan rasional emotif terapi dapat membantu
siswa untuk mengatasi masalah mengenai eksistensi pengunaan sosial media
karena siswa diminta untuk dapat bertanggung jawab terhadap pemikiran dan
tingkah laku yang dapat menimbulkan gangguan emosional pada dirinya serta
kehidupan sosialnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Layanan
Konseling Kelompok dengan Pendekatan Rational Emotive Therapy untuk
Mengurangi Eksistensi Penggunaan Sosial Media Pada Siswa Kelas VIII SMP
Negeri 4 Limapuluh Tahun Ajaran 2017/2018 Yang menjadi objek penelitian ini
adalah siswa kelas VIII sebanyak 8 siswa yang memiliki kriteria permasalahan
mengenai eksistensi penggunaan sosial media. Dan yang menjadi subjek
penelitian adalah peneliti bekerja sama dengan guru BK. Jenis penelitian ini
dengan menggunakan tindakan deskriptif kualitatif. Instrumentasi pengumpulan
data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan. Dengan dilakukannya Layanan Konseling Kelompok
Layanan Konseling Kelompok dengan Pendekatan Rational Emotive Therapy
untuk Mengurangi Eksistensi Penggunaan Sosial Media Pada Siswa Kelas VIII
SMP Negeri 4 Limapuluh Tahun Ajaran 2017/2018 dapat membuat siswa untuk
mengurangi sikap mementingkan dan mengkhawtirkan status mereka di sosial
media, mengurangi sikap kepopularitasan di sosial media, dan mampu memahami
bahwa tidak harus dengan memiliki akun sosial media untuk memiliki teman.
Dengan demikian konseling kelompok dengan pendekatan rational emotive
therapy dapat membantu siswa untuk mengurangi eksistensi penggunaan sosial
media