Abstract:
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh model
pembelajaran Learning Start With A Question terhadap keterampilan berbicara
pada kelas V SD Negeri 101744 Desa Klambir. Populasi pada penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 101744 Desa Klambir, sampel yang
digunakan sebanyak 58 siswa dari 2 kelas yang berbeda. Metode penelitian ini
merupakan penelitian kuantitatif dengan instrumen pengumpulan data
menggunakan performance test. Peneliti juga membagi kelas menjadi 2 kelompok
yaitu kelas eksperimen dengan menggunakan model Learning Start With A
Question dan kelas kontrol menggunakan metode konvensional. Penelitian ini
menggunakan teknik analaisis data dengan rumus uji t, maka berdasarkan data
yang terkumpul dan pengujian hipotesis diketahui bahwa hasil dari nilai Sig (2-
tailed) adalah 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan dengan adanya pengaruh
model Learning Start With A Question terhadap keterampilan berbicara siswa
kelas V SD Negeri 101744 Desa Klambir