Abstract:
Pembelajaran bahasa Indonesia dalam kurikulum 2013 adalah pelajaran berbasis
teks. Pembelajaran menulis teks biografi merupakan salah satu materi yang
diajarkan pada mata pelajaran bahasa Indonesia, maka pembelajaran menulis teks
biografi menjadi salah satu teks yang dipelajari dan diharapkan dapat mencapai
kompetensi siswa secara tuntas dan maksimal. Berdasarkan observasi awal
terhadap proses pembelajaran bahasa Indonesia di SMAN 1 Hamparan Perak,
melihat hasil belajar tidak sesuai dengan standar dan KKM pembelajaran yang
diharapkan. Karena rendahnya keterampilan peserta didik dalam menulis teks
biografi disebabkan oleh faktor internal peserta didik yang menganggap sulit
pembelajaran menulis teks biografi, terutama dalam hal memunculkan ide dan
pembentukan struktur kalimat terdapat juga permasalahan yang berkaitan dengan
penguasaan penguasaan kosakata yang masih kurang terindikasi dari sulitnya siswa
memilih padahal kata yang cocok untuk merangkai suatu kalimat menjadi
paragraph yang utuh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh
penggunaan model project based learning terhadap kemampuan menulis teks
biografi oleh siswa kelas X SMAN 1 Hamparan Perak. Penelitian ini merupakan
jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi dan sampel dalam
penelitian ini adalah siswa/i kelas X 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X 4
sebagai kelas kontrol dengan jumlah 70 siswa, 35 siswa kelas eskperimen 35 siswa
kelas kontrol. Objek yang diteliti adalah penggunaan model project based learning
terhadap kemampuan menulis teks biografi. Instrumen penelitian yang digunakan
adalah berupa tes. Sedangkan teknik analisis data menggunakan uji-t Independent
Sample T-Test. Berdasarkan hasil analisis uji statistik penelitian ini telah menjawab
hipotesis yakni: memperoleh nilai rata-rata perbedaan antara posttest kelas kontrol
dengan rata-rata 77,71 (sebelum diberikan treatment) dengan nilai postest kelas
eksperimen dengan rata-rata 86,11 (sesudah diberikan treatment) yaitu Asym.Sig.
(2-tailed) bernilai 0,000, karena nilai 0,000 lebih kecil dari < 0,05, maka dapat
disimpulkan bahwa “Hipotesis diterima” artinya ada perbedaan dari sebelum dan
sesudah penggunaan model pembelajaran project based learning dalam kegiatan
menulis teks biografi oleh siswa SMAN 1 Hamparan Perak.