Abstract:
Teknik relaksasi melalui layanan konseling individual digunakan untuk
membantu siswa dalam mengatasi stres belajar. Stres belajar diartikan sebagai
tekanan-tekanan yang dihadapi anak berkaitan dengan sekolah, dipersepsikan
secara negatif, dan berdampak pada kesehatan fisik, psikis, dan performansi
belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk membantu mengatasi stres belajar
dengan teknik relaksasi melalui layanan konseling individual pada siswa kelas
VIII C SMP Negeri 3 Sei Rampah tahun pembelajaran 2017/2018. Secara umum
penelitian ini ditujukan kepada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Sei Rampah tahun
pembelajaran 2017/2018 yang berjumlah 117 siswa, sedangkan untuk menentukan
sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling yakni 4 orang
siswa kelas VIII C. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang
dilakukan dalam delapan kali treatmen maka di peroleh hasil adanya perubahan
yang signifikan dari keempat siswa yang mengalami stres belajar, terlihat dari
kesehariannya disekolah terutama saat KBM berlangsung, mereka lebih terlihat
tenang, tidak usil terhadap temannya, bahkan sudah mulai terlihat responsif
terhadap materi pembelajaran yang di sampaikan guru. Pencapaian tujuan
treatmen yang telah dilakukan tersebut jika di persentasekan mencapai 70-90 %.
Sehingga dapat disimpulkan dengan Teknik relaksasi melalui layanan konseling
individual dapat mengatasi stres belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Sei
Rampah tahun pembelajaran 2017/2018 .