Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh pelatihan dan
motivasi kerja terhadap kinerja karyawan PT. PLN (Persero) Unit Pelaksanaan
Pelayanan Pelanggan (UP3) Medan. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam
penelitian ini yaitu pendetakan asosiatif dan kuantitatif. Populasi dalam penelitian
ini adalah keseluruhan pegawai yang bekerja di PT. PLN (Persero) Unit
Pelaksanaan Pelayanan Pelanggan (UP3) Medan yang berjumlah 70 orang, teknik
sampling yang digunakan adalah sampling jenuh dimana semua populasi dijadikan
sampel, teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis
regresi linier berganda. Adapun hasil penelitian ini adalah berdasarkan hasil uji t
(parsial) variabel pelatihan diperoleh t hitung > t tabel dan nilai signifikan 0,001 <
0,05, hal ini menunjukkan bahwa variabel pelatihan (X1) berpengaruh positif dan
signifikan terhadap kinerja karyawan pada PT. PLN (Persero) Unit Pelaksnaaan
Pelayanan Pelanggan (UP3) Medan. Berdasarkn uji t (parsial) motivasi kerja (X2)
diperoleh t hitung > t tabel dan nilai signifikan 0,012 < 0,05, hal ini menunjukkan
bahwa variabel motivasi kerja (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap
kinerja karyawan pada PT. PLN (Persero) Unit Pelaksnaaan Pelayanan Pelanggan
(UP3) Medan. Berdasarkan hasil uji F (Simultan) diperoleh F hitung > F tabel atau
12,024 > 3,13, nilai signifikan 0,000 < 0,05 sehingga hal ini menunjukkan bahwa
variabel pelatihan dan motivasi kerja secara bersama-sama berpengaruh positif dan
signifikan terhadap kinerja karyawan pada PT. PLN (Persero) Unit Pelaksnaaan
Pelayanan Pelanggan (UP3) Medan.