Abstract:
Adapun permasalahan yang di bahas dalam penelitian ini adalah mengenai
Penerapan Layanan Penguasaan Konten Untuk Mengatasi Kejenuhan Siswa Kelas
X Di SMK Taman Siswa Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018., bedasarkan
hasil penelitian dan observasi yang peneliti lakukan terlihat masih ada beberapa
siswa yang mengalami burnout belajar. Siswa mengalami burnout belajar yakni
siswa yang terlihat gelisah, kelelahan fisik, kelelahan emosional, kelelahan
mental. Masih ada siswa yang kurang memahami bimbingan dan konseling yang
ada di sekolah, terutama pendekatan Konten, kurangnya pelaksanaan bimbingan
dan konseling terutama pelaksanaan pendekatan Konten di sekolah. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui Penerapan Layanan Penguasaan Konten
Untuk Mengatasi Burnout Belajar Siswa kelas X Di SMK Taman Siswa Medan
Tahun Pembelajaran 2017/2018. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X
SMK Taman Siswa Medan yang berjumlah sebanyak 14 siswa. Adapun instrumen
yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan observasi, dan
wawancara yang sesuai dengan penerapan pendekatan Konten untuk mengatasi
Burnout belajar siswa. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam
penelitian ini yaitu menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa Penerapan Pendekatan
Konten Untuk Mengatasi Burnout Belajar Siswa sudah diterapkan seiring dengan
adanya perubahan sikap siswa yang terlihat dari meningkatnya jumlah persentase
perubahan yang terjadi berkisar antara 60% samapai 85% untuk menghilangkan
sikap burnout saat belajar. Dengan adanya pendekatan tersebut siswa yang
mengalami masalah burnout belajar sudah mulai mampu untuk menghilangkan
sikap burnout khususnya pada kelas X Di SMK Taman Siswa Medan Tahun
Pembelajaran 2017/2018.