Abstract:
Permasalahan dalam penelitian ini adalah penerapan layanan konseling individual
untuk mengurangi perilakuagresif siswa dengan menggunakan pendekatan Gestalt
pada siswa kelas VIII SMP Harapan MekarMedan. Teknik analisis data dalam
penelitian ini adalah kualitatif, subjek dalam penelitian ini adalah Guru Bidang
Studi, Guru Bimbingan dan Konseling dan Wali Kelas, siswa kelas VIII di
SMPHarapan Mekar Medan yang berjumlah 60 orang siswa, sedangkan objeknya
adalah siswa kelas VIII-A dan VIII-B di SMP Harapan MekarMedan yang
berjumlah 4 orang siswa dengan teknik pengumpulan data menggunakan
wawancara, observasi dan dokumentasi. Data diperoleh dari 4 orang sampel yang
diberikan layanan konseling individual melalui pendekatan Gestalt yang
dilakukan selama 2 kali pertemuan. Berdasarkan hasil analisis data secara
kualitatif diperoleh hasil bahwa terjadi penguranganperilakuagresifmelalui
layanan konseling individual dengan pendekatan gestaltpadasiswakelas VIII SMP
Swasta Harapan MekarMedan. Dengan Demikian dapat disimpulkan bahwa
layanan konseling individual dengan pendekatan Gestalt ini dapat dikatakan
mampu dalam mengurangi perilaku agresif pada siswa kelas VIII SMP Swasta
Harapan Medan.